Tips Mudah dan Strategi Agar Lulus SNMPTN 2015

Tips Mudah dan Strategi Agar Lulus SNMPTN 2015
Tips Mudah dan Strategi Agar Lulus SNMPTN 2015 - Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah salah satu jalur idaman yang banyak diburu-buru, tetapi jalur ini paling sulid untuk dilewati. Tetapi jangan khawatir, disini akan dibahas tentang tips mudah dan strategi agar lulus seleksi. Jika anda benar-benar ada kemauan untuk masuk ke perguruan tinggi negeri, sebaiknya anda persiapkan dulu diri anda sejak dini.





Walaupun dikelas, anda mendapatkan rangking, belum tentu anda bisa lolos, karena disana banyak calon seleksi yang bersaing untuk mendapatkannya. Untuk itu anda harus tau tips-tips untuk memasuki perguruan tinggi negeri.

Sebenarnya untuk memasuki perguruan tinggi negeri itu ada tiga talur, yaitu :

  • SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri)
  • SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri)
  • UM (Ujian Mandiri)

Dijalur SNMPTN ini, siswa hanya mengirimpan nilai sekolahnya mulai Semester 1 - 5 tanpa harus tes seperti SBMPTN dan UM. Ternyata masih banyak sekali para siswa yang belum tahu bagaimana kategori apa yang dinilai dalam SNMPTN dan ada juga yang beranggapan lulus atau tidak itu tergantung keberuntungan. Jangan beranggapan bahwa yang masuk melalui SNMPTN adalah siswa yang mempunayi peringkat tinggi, karena siswa yang mempunyai peringkat terindah pun juga bisa masuk SNMPTN dengan menggunakan tips dan strategi.

Pilihah Jurusan Berdasarkan Minat, Bakat dan Kemampuan


Dengan memilih perguruan tinggi berdasarkan minat, bakat dan kemampuan, itu akan mempermudah anda diterima. Lihatlah dulu nilai-nilai anda yang ada disekolah, kira-kira pelajaran yang anda miati mendapatkan nilai berapa, jika mendapatkan nilai pelajaran yang kamu minati tinggi berarti anda ada peluang untuk masuk ke perguruan tinggi dengan jurusan itu. Perhatikan dengan baik-baik, akrena sekarang ini banyak mahasiswa yang meras salah jurusan, dikarenakan tidak mempersiapkan terlebih dahulu. Mulai sekarang ukurlah kemampuan anda, kira-kira jurusan apa yang sesuai dengan minat, bakat dan kemampuan anda.

Yang Kuliah Anda atau Orangtua Anda


Inilah masalah yang paling sulit, karena banyak orang tua yang menyuruh anaknya untuk kuliah dengan jurusan ini dan ke perguruan tinggi ini, padahal si anak tidak mau memilih jurusan itu dan perguruan tinggi itu atau si anak tidak minat, tidak bakat dan tidak mempunyai kemampuan dibidang itu. 80% siswa banyak yang galau dengan masalah ini dan akhirnya konsultasi ke bimbingan konseling. Sebaiknya anda juga berkonsultasi dengan orang tua anda mengenai minat, bakat dan kemampuan anda.

Sesuaikan Pilihan Anda dengan Ekonomi Keluarga


Pada masalah ini banyak sekali para siswa yang menunda kuliah dikarenakan ekonomi keluarga yang tidak mencukupi untuk kuliah dan ada juga para mahasiswa dipertengahan putus kuliah karena ekonomi. Maka sesuaikan pilihan anda dengan penghasilan orang tua, jangan sampai apabila anda sudah semester akhir orang tua tidak sanggup membiayai kuliah anda.

Prestasi Alumni SMA di Perguruan Tinggi


Alumni itu sangat berperan bagi adik-adik kelasnya yang ingin masuk ke perguruan tinggi negeri. Semakin besar IPK atau semakin baik prestasi Alumni, maka peluang masuk bagi adik-adik kelasnya sangat besar dan sebaliknya jika IPK Alumni itu kecil atau kurang berprestasi, maka peluang masuk bagi adik-adik kelasnya sangat kecil

Prestasi Akademik dan Non Akademik


Ini merupakan kesempatan bagi anda yang memiliki prestasi di bidang akademik maupun non akademik. Dengan mencantumkan prestasi anda selama disekolah, peluang masuk anda semakin besar. 

Misalnya apa bila anda memilih jurusan Kimia di salah satu perguruan tinggi, anda bisa melampirkan Sertifikat Lomba Kimia agar dipertimbangkan oleh pihak perguruan tinggi.

Akreditasi Sekolah Anda


Sekolah juga berpengaruh dalam menentukan siswa masuk perguruan tinggi negeri. Apabila sekolah anda sering mendapatakn prestasi di tingkat kabupaten, provinsi, nasional dan internasional. Maka peluang masuk anda ke perguruan tinggi semakin besar

Asal Sekolah Negeri atau Swasta


Status sekolah juga bisa menjadi peluang masuknya perguruan tinggi, disini bukan bermaksud untuk mengucilkan sekolah swasta. Ada kemungkinan alumni sekolah yang berstatus negeri akan mendapatakan ruang tampung yang lebih dibandingkan sekolah dengan status swasta. Tetapi jangan merasa kecil hati bagi anda yang sekolah di swasta, karena banyak juga peserta SNMPTN dari sekolah swasta yang lolos.

Itulah beberapa tips mudah dan startegi agar lulus seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri, semoga bermanfaat bagi anda yang ingin melanjutkan untuk kuliah.


Jangan cuma baca tapi komentar juga

Emoticon