Letak Indonesia

Letak Indonesia
Letak Indonesia

Letak Indonesia - Sebagai negara tropis, negara Indonesia terletak di khatulistiwa, dengan bentangan wilayah antara : 95° BT - 141° BT, dan 6° LU - 11°LS. Oleh karena itu, negara Indonesia terkenal dengan sebutan Zamrud di Khatulistiwa, Indonesia juga terkenal sebagai negara yang bentangan garis pantai paling panjang. Luas negara Indonesia seluruhnya mencapai 5.193.252 km².

Pernahkah kita sebagai penduduk negara Indonesia membayangkan betapa luasnya negara Indonesia, apabila dibandingkan dengan negara-negara di Eropa, ternyata Indonesia memang cukup luas. Pulau-pulau kecil yang ada di Indonesia dapat menjadi masalah besar setelah pada bulan Desember 2002 Indonesia dikalahkan oleh Malaysia dalam sengketa pulau Sipadan dan langitan di forum Mahkamah Internasional di Den Haag.

Yang menjadi alasan utama ini adalah, pihak negara Indonesia tidak pernah sesekali menyentuh dan memperhatikan kepentingan di pulau tersebut. Selama itu, justru yang mempedulikan pulau tersebut adalah pihak negara Malaysia, seperti memasang mercusuar dan membuat tempat singgahan untuk pengunjung pulau tersebut.

Sebab itulah Mahkamah menetapkan kedua pulau tersebut masuk wilayah kedaulatan negara Malaysia. Maka sesuai ketetapan Hukum Laut Internasional, kedaulatan negara Malaysia tidak hanya sebatas kedua pulau tersebut, akan tetapi juga perairan 12 mil dari garis lurus yang menghubungkan titik ujung pulau ke ujung pulau.

Semoga para pemerintahan negara Indonesia selanjutnya lebih memantau dan memperhatikan pulau-pulai kecil yang digunakan untuk singgahan nelayan asing. Suapaya pulau-pulau kecil yang tidak terurus tersebut tidak diambil alih oleh negara lain.

Maka dari itu, kita sebagai penerus bangsa harus bisa menjaga keutuhan negara Indonesia. Jangan meremehkan hal-hal yang kecil, contohnya saja seperti pulau-pulau yang sudah dijelaskan diatas, pulau kecil yang tidak terurus akhirnya diakui oleh negara lain.


Jangan cuma baca tapi komentar juga

Emoticon