Tips Belajar Efektif

Tips Belajar Efektif

Tips Belajar Efektif - Sebagai pelajar pastinya tidak boleh melupakan kewajibannya, yaitu belajar. Namun dibalik itu semua ada yang sulit sekali belajar dengan bermacam-macam alasan. Untuk kalian agar bisa lebih efektif dalam belajar, disini akan diberikan beberapa tips untuk belajar efektif.

NIAT BELAJAR KARENA ALLAH

Usahakan anda kalau ingin belajar harus bisa menata niat anda, jika tidak menata niat dengan baik, maka akan timbul rasa malas. Kemudian berfikiran bahwa semuanya itu sulit, padahal segala sesuatu itu tergantung dengan niatnya. Usahakan anda kalau belajar jangan menunggu kalau pas ingin menghadapi ujuan saja.

MENGATUR WAKTU BELAJAR

Mengatur waktu belajar merupakan hal yang sangat penting, anda harus bisa mengelola waktu-waktu yang seharusnya anda gunakan untuk belajar. Misalkan, jika pagi anda sekolah maka anda sepulang sekolah harus bisa menyempatkan untuk belajar. Belajar tidak perlu lama, yang terpenting konsisten.

MENGATUR SUASANA BELAJAR AGAR NYAMAN

Cara belajar seseorang pasti berbeda-beda, ada yang suka belajar fokus dengan apa yang dipelajari dan ada juga yang belajar sambil mendengar musik, nonton televisi, makan camilan, dan lain-lain. Intinya anda harus bisa menyesuaikan suasana belajar agar nyaman. Saran, jika malas belajar sendiri, anda bisa belajar kelompok dengan teman-teman anda.

KONSISTEN, JANGAN BELAJAR HANYA KETIKA AKAN MENGHADAPI UJIAN

Ini merupakan hal yang harus diperhatikan, karena dengan konsisten akan lebih efektif ketika akan menghadapi ujian. Usahakan jika anda ingin belajar, jangan hanya ketika akan menghadapi ujian saja. Walaupun itu belajar, tetapi belajar ketikan akan ujian itu kurang baik dan hasil ujian tersebut kurang maksimal. Berusahalah belajar dengan rutin dan disiplin, meskipun awalnya malas dan sangat berat, akan tetapi jika sudah terbiasa, maka akan terasa ringan.

MENGULANG PELAJARAN YANG SUDAH BERLALU

Apabila sudah belajar efektif, maka jangan lupa untuk selalu mengulang-ulang pelajaran yang sudah berlalu. Walaupun pelajaran sudah berlalu, usahakan tetap mengulangi sedikit demi sedikit agar pelajaran sudah dikuasai tidak lupa.

BERDO'A DAN TAWAKKAL KEPADA ALLAH

Langkah terakhir dalam belajar adalah berdo'a dan berserah diri kepada Allah. Serahkanlah semua urusan belajar kepada Allah, dengan usaha dan doa. Dengan ini, segala urusan akan dimudahkan dan diridhoi.


Jangan cuma baca tapi komentar juga

Emoticon