10 Jenis Batu Akik Termahal dan Populer di Indonesia 2015

10 Jenis Batu Akik Termahal dan Populer di Indonesia 2015

10 Jenis Batu Akik Termahal dan Populer di Indonesia 2015 -  Batu akik merupakan sejenis batu alam yang mengandung energi alam, setiap energi memiliki aura positif dan negatif dan memiliki efek tertentu jika dipakai manusia. Sebenarnya batu akik adalah batu biasa, namun dibalik biasanya itu mengandung suatu unsur yang terkadang melebihi batu mulia.

Memang akhir-akhir ini orang indonesia lagi demam batu akik, harga batu akik pun dipasaran juga semakin melonjak. Ini merupakan peluang bagi penambang batu alam, untuk harga menyesuaikan dengan ke-unikan dan tingkat kesulitan saat menambang.

Berikut ini jenis batu akik populer dan termahal di indonesia :

1. Batu Bacan

Batu bacan adalah jenis batu mulia asal Indonesia dan paling banyak ditemukan di pulau bacan. Jenis batu bacan pun bervariasi, namun yang paling populer dan banyak diburu oleh kolektor batu akik adalah batu akik jenis bacan doko dan bacan palamea. Perbedaan kedua batu itu terletak dari segi keindahan warnanya. Batu bacan doko identik dengan warna hijau gelap sedangkan batu bacan jenis palamea berwarna hijau kebiruan. Harganya pun bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah.

2. Batu Safir

Batu safir merupakan batu permata yang paling banyak diburu dan juga diminati oleh kalangan orang Indonesia maupun negara-negara lain. Namun tidak semua orang mampu memiliki batu alam yang indah sejenis ini, karena harganya yang mahal. Warnanya pun bervariasi seperti warna biru, jingga, kuning, merah muda, kehijaun dan ungu. Manfaat batu alam ini dipercaya bisa menenangkan pikiran dan memancarkan aura positif.


3. Batu Zamrud

Batu zamrud ini telah banyak dikenal banyak orang-rang sejak ribuan tahun yang lalu sebagai batu permata indah dengan harga mahal. Jenis batu permata ini mempunyai corak warna hijau bening hingga hijau tua dan dianggap sebagai lambang kedamaian dan kemakmuran.

4. Batu Ruby

Batu ruby ini memiliki nama lain batu merah delima merupakan salah satu batu permata yang paling diminati di berbagai negara termasuk di Indonesia. Harganya pun bervariasi dan menyesuaikan dengan tingkat kualitas dan keunikannya. Batu ini dianggap sebagai simbol keberanian dan kekuatan.

5.  Batu Topaz

Batu topaz ini memiliki banyak variasi warna seperti biru, kuning dan jingga agak kemerahan. Topaz dipercaya mengandung energi alam yang berkhasiat bagi penggunanya yang berkaitan dengan kesehatan jasmani maupun rohani, seperti menghilangkan rasa jenuh dan depresi serta mengoptimalkan daya kerja otak dan dianggap bisa membawa kedamaian. Jenis batu ini banyak ditemukan di negara seperti Sri Lanka, Rusia, Brazil, Meksiko dan negara lain penghasil batu alam.

6. Batu Opal (Kalimaya)

Batu opal atau yang biasa  disebut batu kalimaya adalah jenis batu mulia yang paling banyak diburu oleh kolektor batu akik. Jenis batu seperti ini banyak ditemukan di daerah Banten, harganya pun bervariasi tergantung keindahan dan kualitasnya.

7. Batu Sungai Dareh

Batu ini berasal dari Sumatera Selatan, yang kini sedang menjadi buruan para kolektor. Harga batu sungai dareh ini pun sangat mahal, namun untuk kualitas menengah banyak dijumpai dipasar lokak yang harganya cukup terjangkau, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

 

8. Batu Giok

Batu giok ini sudah dikenal sejak lama di Indonesia dan salah satu batu alam yang banyak peminatnya. Dengan keindahan warna khas hijaunya, batu ini banyak dijadikan sebagai perhiasan seperti kalung, liontin, mata cincin dan lain-lain. Dan dipercaya sebagai pembawa keberuntungan, ketentraman dan kedamaian bagi penggunanya.

9. Batu Kecubung

Batu kecubung ini memiliki warna khas ungu mempesona yang membuat batu ini biasa disebut Amethyst di pasaran Internasioanl. Batu ini juga tengah menjadi incaran banyak kolektor, selain menjadi perhiasan juga dianggap sebagai batu pembawa keberuntungan.

10. Batu Lavender

Batu ini pernah memenangkan sebuah kontes nasioanal yang diadakan waktu lalu sebagai kategori batu terbaik. Sehingga batu sejenis ini menjadi buruan banyak kolektor, batu ini banyak ditemukan di wilayah Simpang dan Segara Kembang kecamatan Lengkiti Oku Sumatera Selatan.


Selain batu-batu yang disebutkan di atas sebenarnya masih banyak yang termahal dan terkenal jenis lain yang pada saat ini sedang populer di Indonesia.


2 komentar

ada gak gan yang milyaran harganya?? :D

Balas

Mungkin ada juga gan
Terimakasih atas kunjungannya

Balas

Jangan cuma baca tapi komentar juga

Emoticon