Bahaya Terlalu Banyak Tidur

Bahaya Terlalu Banyak Tidur
Bahaya Terlalu Banyak Tidur - Mayoritas orang dewasa memerlukan 7 - 9 jam tidur pada malam hari untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik dan sehat. Jika waktu tidur berkurang maka dapat menyebabkan berbagai masalah bagi kesehatan.

Bahaya Terlalu Banyak Tidur



Namun, bagaiman jika terlalu banyak tidur ?

Beberapa ahli sudah melakukan penelitian menyatakan bahwa terlalu banyak tidur juga bisa menyebabkan timbulnya masalah kesehatan. Ada beberapa masalah kesehatan apabila anda terlalu banyak tidur, simak berikut ini :

1. Depresi

Waktu tidur yang panjang atau terlalu banyak tidur dapat menimbulkan risiko seseorang menjadi depresi. Beberapa hasil penelitian menunjukkan, orang yang tidur dalam waktu 7 - 9 jam pada malam hari berisiko 27% mengalami depresi, sedangkan yang tidur 9 jam atau lebih, berisiko 49 % mengalami depresi.

2. Merusak Otak.

Terlalu lama waktu untuk tidur dapat merusak fungsi otak. Para peneliti menemukan bahwa wanita yang tidur lebih dari 9 jam setiap malam atau kurang dari 5 jam, otaknya akan dapat mengalami penuaan dua tahun lebih cepat. Sementara pada wanita lanjut usia, jika tidur terlalu banyak tidur akan dapat memperburuk fungsi otak selama enam tahun.

3. Sulit untuk Hamil

Sebaiknya bagi para wanita lebih menghindari untuk terlalu banyak tidur karena bisa menimbulkan risiko untuk sulit hamil. Usahakan tidur dalam waktu kurang lebih 8 jam secara teratur.

4. Memperpendek Usia

Beberapa penelitian menganalisis kualitas tidur yang baik dan buruk terhadap usia hidup seseorang. Berdasarkan penelitian, orang-orang yang tidur lebih dari 8 jam pada malam hari 1,3 kali lebih berisiko memiliki usia hidup lebih pendek atau kematian lebih awal.

Sebenarnya masih banyak lagi tentang bahaya terlalu banyak tidur, namun diatas adalah diantara bahaya-bahaya yang sering muncul. Setelah membaca bahaya terlalu banyak tidur diatas pastinya anda agar selalu menjaga pola tidur setiap hari, agar terhindar dari masalah-masalah kesehatan.


Jangan cuma baca tapi komentar juga

Emoticon