Tips Menghadapi SBMPTN

Tips Menghadapi SBMPTN

Tips Menghadapi SBMPTN - Setelah menghadapi Ujian Nasional bukan berarti perjuangannya sampai disitu saja. Itu merupakan tonggak awal dalam meraih cita-cita, langkah selanjutnya yaitu mengikuti SBMPTN. Kalau belum tahu tentang SBMPTN, cari saja di Internet.

Anggap saja sudah tau saja,

Bagi mereka-mereka yang berkeinginan melanjutkan kuliah di perguruan tinggi, maka harus mempersiapkan diri mulai dari sekarang. Oleh karena itu, berikut ini ada beberapa tips agar sukses mengikuti SBMPTN.

1. Mempelajari Dasar-dasar Materi


SBMPTN ini berbeda dengan Ujian Nasional, kalau Ujian Nasional masih bisa diprediksi model soal-soalnya karena ada SKL-nya, sedangkan SBMPTN sebaliknya. Berdasarkan pengalaman dari mahasiswa-mahasiswa yang sudah pernah mengikuti SBMPTN, soal-soal SBMPTN itu tidak lepas dari materi dasar.

2. Latihan Mengerjakan Soal-soal Tahun Lalu


Dengan berlatih mengerjakan kumpulan soal pada tahun lalu, walaupun tidak ada SKL-ny setidaknya bisa menambah wawasan mengenai beberapa model soal SBMPTN. Untuk mencari kumpulan soal SBMPTN, bisa mencari langsung di Internet.

3. Belajar dengan Efektif


Setidaknya bisa menambah jam belajar, misalnya terbiasa belajar 2 jam, maka harus belajar lebih dari 2 jam. Bukan berarti harus melebihkan jam belajar, itu hanya sekedar tips saja. Untuk itu bisa baca pada artikel sebelumnya yang berjudul,

4. Optimalkan Soal-soal yang Mudah


Usahakan mengerjakan soal-soal yang sekiranya mudah, jangan terlalu mikir pada soal yang sulit, loncat ke soal yang lain dan mengerjakan yang mudah-mudah dulu. Mengapa ?, di SBMPTN jika benar nilainya 4, jika salah nilainya -1, dan jika kosong nilainya 0. Apabila ragu dengan jawaban, loncat ke soal yang lain dan setidaknya bisa menghindari nilai -1.

5. Bertawakkal kepada Allah


Jika semua usaha sudah dilakukan, maka tidak akan mantap kalau tidak diiringi dengan doa dan selanjutnya bertawakkal kepada Allah. Serahkan semua urusan itu kepada Allah, kalau hasil akhir tidak perlu dipikirkan yang penting sudah usaha, berhasil atau tidaknya terserah Allah.

Itulah beberapa tips agar sukses dalam SBMPTN dan semoga bisa membantu bagi siswa-siswi yang mau melanjutkan ke perguruan tinggi.


Jangan cuma baca tapi komentar juga

Emoticon