Tips Sehat Mengatasi Flu Berat

Tips Sehat Mengatasi Flu Berat

Tips Sehat Mengatasi Flu Berat - Flu merupakan infeksi virus yang terjadi pada alat pernafasan seperti tenggorokan, paru-paru dan hidung, sehingga mempengaruhi kerja alat pernafasan tersebut. Penyakit ini mudah sekali menular dan menyebar dari satu orang ke orang lain melalui berbagai cara seperti batuk, bersin. Sehingga anda harus berhati-hati dengan virus yang satu ini.


Penyebab Utama Flu Berat


Flu adalah sejenis penyakit yang mudah menular yang disebabkan oleh virus RNA dari famili virus influenza (Orthomyxoviriade). Gejala yang sering di alami oleh penderita penyakit flu ini diantaranya yaitu demam, sakit kepala, batuk-batuk, dan lain-lain.

Cara Mengobati Penyakit Flu Berat

Setelah mengetahui tentang apa saja yang dapat menyebabkan flu, saat ini waktuny anda mengetahui tips bagaiman cara mengatasi flu berat. Berikut ini ada beberapa tips cara mengatasi flu berat secara alami :

Banyak Minum Air Putih

Dengan meminum air putih secara teratur, maka tenggorokan anda berish dari kuman yang dapat menyebabkan flu. Usahakan minum air putih delapan gelas setiap hari, dengan metode pagi 2 gelas, siang 4 gelas dan malam 2 gelas.


Mengkonsumsi Minuman Hangat

Selain memperbanyak minum air putih secara teratur, anda juga dapat mengkonsumsi minuman hangat seperti air teh hangat, kopi, air putih hangat. Karena pada saat flu banyak mengeluarkan cairan terbuang melalui keringat, ludah dan ingus. Untuk itu, mengkonsumsi air hangat sangat penting karena untuk mengganti cairan tubuh yang dehidrasi.


Beristirahat Total

Menghentikan aktifitas yang berat-berat dengan istirahat sangat disarankan untuk anda, tetapi hanya sementar waktu saja. Agar sistem kekebalan tubuh menjadi fit kembali seperti semula, karena kondisi kekebalan tubuh pada saat flu itu melemah.

Mengkonsumsi Buah dan Sayuran

Memang pada saat flu selera makan bisa berkurang, tetapi bukan berarti membiarkan tubuh kurang asupan makanan. Konsumsilah buah dan sayuran  yang mengandung vitamin dan mineral agar dapat membantu mengembalikan kondisi tubuh.

Mandi dengan Air Hangat

Ketika anda menderita sakit flu, usahakan jangan mandi dengan menggunakan air dingin. Gunakan air hangat saat mandi agar tubuh menjadi tetap hangat.

Mengkonsumsi Cabai

Dengan mengkonsumsi cabai dipercaya bisa membantu membersihkan cairan rongga hidung seperti ingus. Berbagai cara untuk mengkonsumsi cabai seperti sambal atau makanan yang sudah dicampur dengan cabai. Ingat, jangan terlalu banyak mengkonsumsi cabai agar tidak sakit perut.

Mengkonsumsi Rempah-rempah

Rempah-rempah memang sudah terbukti dapat mengatasi penyakit flu, dengan cara merebus rempah-rempah seperti jahe, kencur dengan air secukupnya kemudian minumlah air rebusan tersebut.

Itulah beberapa tips sehat mengatasi flu berat, usahakan tubuh anda terhindar dari penyakit dan tetap sehat setiap hari agar bisa melakukan aktifitas tanpa gangguan sedikitpun.


Jangan cuma baca tapi komentar juga

Emoticon