Universitas Jember Kembali Kukuhkan Profesor

Universitas Jember Kembali Kukuhkan Profesor - Universitas Jember akan mengukuhkan Dekan Fakultas Hukum (FH) Prof. Dr. Widodo Ekatjahjana, S.H.,M.Hum sebagai Profesor, (24/5). Sebelumnya (14/4), Universitas Jember telah mengkuhkan tiga orang professor. Dikukuhkannya Prof. Dr. Widodo Ekatjahjana, S.H.,M.Hum menjadi professor, menambah jumlah professor yang yang ada di lingkungan akademik Universitas Jember yang saat ini berjumlah 48 profesor dari berbagai bidang. Berikut adalah profile singkat dari Prof. Dr. Widodo Ekatjahjana, S.H.,M.Hum.

Prof. Dr. Widodo Ekatjahjana, S.H.,M.Hum

Prof. Dr. Widodo Ekatjahjana, S.H.,M.Hum atau yang akrab disapa dengan Prof. Widodo ini lahir di Kota Jember pada tanggal 1 Mei 1971 silam. Prof. Widodo lulus Sarjana Hukum pada Fakultas Hukum Universitas Jember tahun 1994. Kemudian, Prof. Widodo melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Dia berhasil memperoleh gelar Magister Hukum pada Program Pascasarjana Universitas Padjadjaran, Bandung, tahun 2002. Ditempat yang sama pula dia memperoleh gelar Doktor Ilmu Hukum pada tahun 2007.



Universitas Jember Kembali Kukuhkan Profesor

Prof. Widodo berhasil mendapatkan gelar Profesor pada 1 September 2014 yang lalu, dimana saat ini dia menjabat sebagai Dekan Fakultas Hukum Universitas Jember untuk periode 2012 – 2016. Sebelumnya Prof. Widodo menjabat sebagai Ketua Jurusan/Bagian Hukum Tata Negara Fakultas Hukum Universitas Jember (2010 – 2012).

Dalam kesehariannya Prof. Widodo adalah sebagai dosen tetap di Fakultas Hukum Universitas Jember dan pernah menjadi dosen tamu dibeberapa universitas lain. Prof. Widodo juga beberapa kali menjadi dosen tamu di Fakultas Hukum beberapa Universitas di Asia dan Eropa, diantaranya Universitas Passau Jerman, Universitas Thammasat Bangkok Thailand, Hanoi Law University Vietnam, Fakulti Undang-Undang Universiti Kebangsaan Malaysia.

Selain sebagai dosen tetap dan dosen tamu Prof. Widodo juga aktif sebagai anggota Asosiasi Pengajar HTN-HAN Jawa Timur mulai tahun 2005 sampai saat ini. Prof. Widodo saat ini juga menjabat sebagai Ketua Umum Asosiasi Pengajar Hukum Acara Mahkamah Konstitusi sejak tahun 2009. Prof. Widodo juga aktif sebagai Konsultan Ahli di Hanns Seidel Foundation (HSF) Kantor Perwakilan Indonesia, Mitra Bestari Jurnal Konstitusi, Sekretariat Jenderal Mahkamah Konstitusi RI. Selain itu Prof. Widodo juga pernah menjadi Tim Seleksi (Timsel) Hakim Konstitusi Pengganti Hamdan Zoelva dari Jalur Presiden, ditugaskan oleh Presiden RI tahun 2015.

Disamping itu, Prof. Widodo juga beberapa kali tampil sebagai narasumber dalam seminal nasional maupun internasional baik yang diselenggarakan oleh lembaga negara maupun oleh perguruan tinggi. Beberapa diantaranya adalah dalam kegiatan Expert Exchange Programme of Hanns Seidel Foundation di Federal Constitutional Court of Germany dan Federal Supreme Court of Germany 2014, Narasumber di International Workshop, Conference.

Prof. Widodo juga aktif menjadi pemateri dalam seminar yang diselenggarakan oleh German-Southeast Asian Center of Excellence for Public Policy and Good Governance (CPG) di Bangkok, Thailand sejak tahun 2011 hingga tahun 2014 dalam berbagai tema. Terakhir Prof. Widodo tampil sebagai Narasumber dalam International Conference yang diselenggarakan oleh CPG dengan University of New England dan Faculty of Law Thammasat University 2015. (Mj)


Jangan cuma baca tapi komentar juga

Emoticon