Cara Mematikan Fungsi Klik Kanan Blog

Cara Mematikan Fungsi Klik Kanan Blog - Apa kabar sobat semuanya, pasti baik-baik saja. Pada postingan sebelumnya saya membahas kumpulan situs social bookmarking gratis paling lengkap yang ada di indonesia. Sekarang saya membagikan tutorial cara mematikan fungsi klik kanan mouse pada blog.

Cara Mematikan Fungsi Klik Kanan Blog


Khususnya bagi para blogger yang postingannya tidak ingin di copas oleh orang lain. Maka ini solusinya untuk mematikan fungsi klik kanan supaya tidak bisa di copas.

Apakah tidak bahaya jika klik kanan dimatikan ?


Ada yang harus digaris bawahi sob. Dengan mematikan klik kanan seorang pengunjung tidak dapat mengeklik kanan blog sobat. Bayangkan sob, jika pengunjung sangat butuh tutorial yang ada dalam postingan sobat lalu tidak bisa mencopasnya untuk di print. Pastinya pengunjung sangat jengkel sekali jika hal itu terjadi pada blog sobat.

Apa kerugian mematikan klik kanan pada blog ?


Memang mematikan klik kanan saat ini sudah tidak zaman sob. Lagipula jika postingan di copas maka secara tidak langsung kita menyalurkan ilmu, namun kalau copas juga ada aturan mainnya. Jangan asal copas disana da disini, kalau ingin copas lebih baik sertakan sumbernya.

Namun jika sobat ingin tetap melindungi blog dari pencopas. Ada baiknya jika sobat mengikuti cara-caranya berikut ini.

1. Pastinya sobat buka Blogger terlebih dahulu
2. Masuk ke Dashboard blog kemudian klik Layout
3. Tambahkan gadget dengan mengeklik Add Gadget
4.  Pilih Javascript/HTML
5. Copy kode yang ada dibwah ini sob

<script> var message="Hayo ! Ketahuan klik kanan blog";
///////////////////////////////////
function clickIE4(){if (event.button==2){alert(message);return false;}} function clickNS4(e){if (document.layers||document.getElementById&&!document.all){if (e.which==2||e.which==3){alert(message);return false;}}} if (document.layers){document.captureEvents(Event.MOUSEDOWN);document.onmousedown=clickNS4;} else if (document.all&&!document.getElementById){document.onmousedown=clickIE4;} document.oncontextmenu=new Function("alert(message);return false")</script>

6. Paste kode tersebut dalam kotak yang disediakan tadi
7. Simpan dan selesai sudah caranya

Untuk memastikan berfungsi atau tidak, sobat bisa mengecek blog sobat secara langsung dan gunakan klik kanan. Apabila muncul pop up, berarti sudah berhasil. Mudah sekali kan caranya sob, langsung saja dipraktekkan.

Demikian selesai sudah tutorial kali ini semoga bermanfaat dan jangan lupa tinggalkan komentar dibawah ini. Supaya saya lebih semangat lagi untuk memposting disini.


Jangan cuma baca tapi komentar juga

Emoticon