Tata Cara Dan Persyaratan Pembuatan KTP

Tata Cara Dan Persyaratan Pembuatan KTP - Saya ingin berbagai sedikit pengalaman saya tentang pembuatan katepe yang penuh dengan rintangan, untung saja pada hari ini katepe saya sudah jadi. Pertama saat membuat katepe sudah setahun lalu, namun ada kendala dari pihak kecamatan sehingga saya mengajukan permohonan kembali dengan berbagai persyaratan untuk bisa mendapatkan katepe.

Tata Cara Dan Persyaratan Pembuatan KTP

Gambar diatas hanya ilustrasi saja, untung kepunyaan saya belum sempat menampilkan disini. Mungkin lain waktu saya tampilkan kalau ada kesempatan.

Oh iya sob, tentunya sobat sudah tahu dengan katepe. Katepe adalah singkatan dari kartu tanda penduduk adalah identitas resmi penduduk sebagai bukti diri yang diterbitkan oleh instansi pelaksana yang berlaku di seluruh wilaya, kalau saya membuatnya di kantor kecamatan bukan di warung bakso.

Tentu untuk mendapatkan katepe harus memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan dan melalui tata cara yang benar. Simak saja ulasan berikut ini tentang persyaratan dan pengalaman saya membuat katepe.

Apa saja syarat-syarat untuk mebuat KTP ?


1. Sobat harus berusia 17 tahun, kalau belum mencapai usia tersebut tidak diperbolehkan.
2. Membawa surat pengantar dari desa atau kelurahan, kalau yang tidak tahu datang saja ke kantor kecamatan untuk mendapat pengarahan.
3. Mengisi formulir untuk mengajukan katepe, datang langsung saja ke kantor desa nanti akan diberi pengarahan. Jangan lupa untuk minta tanda tangan kepala desa pada formulir itu.
4. Membawa fotokopi kaka (kartu keluarga), saya hanya membawa fotokopinya saja waktu itu.
5. Apabila hal-hal diatas sudah dilengkapi, sebaiknya datang ke kantor kecamatan untuk foto identitas dan jangan lupa untuk sabar mengantri serta mengisi daftar hadir, walaupun daftar hadir tidak sebegitu penting namun lebih baik menghargai.

Itu yang diatas pesyaratan yang baru, karena pada saat pertama kali saya mengajukan katepe tidak harus membawa surat pengantar dari desa, saya hanya membawa kartu keluarga saja. Namun ada kendala dari pihak kecamatan akhirnya saya mengajukan permohonan pernah foto tetapi belum pernah menerima kartunya.

Apakah membuat KTP itu membayar ?


Kalau masalah membayar atau tidak itu tergantung sobat, kalau sobat membuat katepenya saat pemutihan atau bareng-bareng itu gratis. Namun kalau sendirian ada kemungkinan untuk membayar, kalau saya kemarin membayar sebesar 35 ribu saja. Tetapi ada juga yang tidak membayar kalau membuatnya masih memasuki area pemutihan. Itu semua tergantung kebijakan pihak kecamatan bersangkutan.

Kapan jadinya KTP setelah pembuatan itu ?


Kalau berbicara dengan kebijakan yang lama, waktu jadinya katepe sekitar 6 bulan. Namun dengan kebijakan yang baru hanya menunggu 1 bulan saja sudah jadi.

Apa gunanya KTP sih ?


Kalau sobat orang indonesia tentunya harus memiliki kartu ini, karena kartu ini sebagai identitas diri sob. Mau nikah saja harus ada kartu ini, kalau bisa jika sudah mencapai umur 17 segeralah membuat kartu tanda penduduk. Misalkan ada keperluan membuat rekening bank, bepergian ke luar negeri, pindah tempat tinggal atau yang lain-lain jadi lebih mudah,

Itulah pengalaman saya saat membuat katepe di kantor kecamatan, apabila umur sobat sudah mencapai 17 tahun maka segeralah untuk mengajukan supaya diakui negara. Selain itu, kalau bepergian bisa nyaman dan aman. Jangan lupa jika kartunya sudah jadi segera diaktifkan langsung.

Biasanya bagi yang belum pernah datang ke kantor kecamatan agak sedikit takut atau gimana lah karena tidak menguasai bahasa indonesia untuk berkomunikasi dengan orang kecataman. Misalnya orang desa seperti saya ini belum lancar ngomong dengan bahasa indonesia dengan lancar. Jangan khawatir, pakailah bahasa setempat saja yang sopan, misalnya dengan bahasa jawa krama dan usahakan jangan memakai bahasa jawa ngoko.

Misalnya...

"Pak, kulo ajenge ndamel katepe ?" kata si pembuat. Nanti pasti akan dijawab dengan bahasa jawa juga oleh petugasnya "Oh nggeh mas, monggo antri rumiyen teng mriku".

Demikian artikel tentang pengalaman saya mengajukan katepe, semoga bermanfaat bagi sobat semua ya, kalau ada hal-hal yang ingin ditanyakan silahkan komentar dibawah ini.


Jangan cuma baca tapi komentar juga

Emoticon