Tips Terbaik Menentukan Topik Blog

Tips Terbaik Menentukan Topik Blog - Tidak lama setelah memposting artikel sebelumnya yang membahas tentang persyaratan pembuatan kartu tanda penduduk. Saya mencari-cari tutorial mengenai dunia blogging dan tidak sengaja menemui artikel yang membahas cara terbaik menentukan topik blog. Akhirnya saya sedikit bingung karena tidak mengetahui apa yang dimaksud tersebut. Setelah saya baca-baca ternyata memilih topik blog itu sangat penting terutama blogger pemula seperti saya.

Tips Terbaik Menentukan Topik Blog

Sedikit penjelasan dari saya, kalau memilih topik blog harus diperhatikan. Kalau salah sedikit menentukan topik blog maka akan membuat blog sepi pengunjung dan gagal ditengah-tengah perjalanan dunia blogging. Maka dari itu perhatikan terlebih dahulu sebelum membangun sebuah blog.

Apa kesalahan blogger pemula dalam menentukan topik blog ?


Sebagai sorang blogger pemula seperti saya, pasti ada kesalahan dalam memilih topik blog. Maka dari itu sebaiknya pahami dahulu kesalahan yang dialami sebagai blogger pemula saya.

1. Memilih topik blog yang paling populer tetapi tidak mengetahui tentang topik itu sama sekali.
2. Meniru topik blog orang lain karena melihat blog mereka sukses.
3. Memilih blog yang isinya tidak karuan atau membahas segala topik yang biasa disebut blog gado-gado.
4. Memilih topik yang sepi dari pembaca, misalnya blog personal yang membahas tentang keseharian dirinya. Naun juga tergantung, terkadang juga ada yang rame pengunjungnya.

Itulah beberapa kesalahan yang sering saya alami dan mungkin juga dialami oleh blogger pemula lainnya. Sebaiknya jangan mengulangi kesalahan-kesalahan tersebut.

Bagaimana cara menentukan topik blog ?


Ini dia yang ditunggu-tunggu, bagaimana caranya menentukan topik blog. Sebenarnya sangat mudah sekali dalam menentukan topik blog, simak ulasan berikut ini.

1. Apa aktivitas setiap hari yang paling diminati ?

Misalkan sobat suka menonton film kartun, sebagai contoh film Naruto Shippuden. Itu merupakan peluang untuk menentukan topik blog, maka sobat tinggal menulis apa saja tentang Naruto Shippuden ke dalam blog. Begitu juga dengan aktivitas lainnya dapat dijadikan sebagai topik blog.

2. Apa pekerjaan yang dilakukan setiap hari ?

Misalkan sobat seorang pelajar yang suka sekali dengan pelajaran biologi. Tepat sekali untuk menentukan tema blog yang berhubungan dengan biologi, sebagai contoh dengan topik blog kesehatan. Karena kesehatan berhubungan erat dengan biologi, maka tulislah hal-hal yang mengenai kesehatan.

3. Sobat ahli dalam bidang apa ?

Misalkan sobat ahli dalam bidang edit foto menggunakan photoshop, maka tentukan blog tersebut dengan hal-hal yang berhubungan dengan design.

4. Apa saja pertanyaan teman-teman kepada sobat ?

Misalkan ada teman-teman yang menanyakan tentang bagaimana cara menggunakan internet, karena mereka berpikir sobat sangat ahli dalam bidang internet. Maka tentukan blog dengan membahas seputar internet dan yang berhubungan dengan teknologi informasi dan komunikasi.

5. Apakah cuma itu saja ?

Sebenarnya banyak sekali hal-hal yang dapat menentukan topik blog, namun itu saja saya kira sudah cukup membantu. Untuk yang lainnya bisa membuat ide sendiri atau mungkin idenya lebih baik dari yang saya bahas ini.

Apabila dipikiran sobat sudah ada angan-angan untuk menentukan topik blog, setelah itu tinggal kembangkan sendiri blog sobat sesuai topik yang sobat pilih tadi.

Bagaimana memilih topik yang cocok untuk dimonetisasi ?


Kalau bicara tentang masalah ini saya pikir bukan keahlian saya dalam mencari uang di internet. Namun pertanyaan-pertanyaan ini sering muncul dalam dunia blogging. Saya juga sedikit bingung tentang monetisasi, karena tidak semua blog dapat dimonetisasi. Tergantung blog itu mematuhi kebijakan atau tidak. Apabila sobat ingin mendapatkan uang dari blog, maka harus menentukan topik blog dengan tepat dan fokus mengurus blog tersebut.

Yang paling populer saat ini adalah monetisasi dengan layanan google adsense. Namun tidak semua blog dapat diterima oleh google adsense, maka sebelum menginjak ke google adsense patuhilah kebijakannya terlebih dahulu. Bisa juga memonetisasi blog dengan afiliasi, jualan produk dan lain-lain.

Apa saja topik yang memiliki banyak peminat ?


Banyak blogger pemula seperti saya salah memilih topik yang sepi pengunjung atau tidak ada peminatnya. Sebelum menentukan topik blog sebaiknya gunakann google adwords keyowrd planner atau juag bisa menggunakan google trends untuk mengetahui topik apa saja yang banyak peminatnya.

Bagaimana kalau membahas semua topik ?


Apabila sobat bingung dalam menentukan topik, maka bahaslah semua topik. Tetapi sobat harus konsisten dalam membahas semua topik.

Demikian artikel yang membahas tips terbaik menentukan topik blog. Memang menentukan topik blog itu gampang-gampang susah, masudnya gampang bagi yang sudah mempunyai pengalaman ngeblog dan susah bagi yang baru memulai ngeblog. Namun untuk mencapai kesuksesan harus ada kegagalan dan kesalahan, jadi jangan khawatir apabila salah dalam menentukan topik blog.


Jangan cuma baca tapi komentar juga

Emoticon