Pengertian Karya Ilmiah Populer

Pengertian Karya Ilmiah Populer - Karya Ilmiah merupakan karya tulis yang isinya berusaha memamparkan sesuatu pembahasan secara ilmiah yang dilakukan oleh seorang penulis atau peneliti. Tujuannya untuk memberitahukan sesuatu hal secara logis dan sistematis kepada para pembaca.

Pengertian Karya Ilmiah Populer

Finoza dalam bukunya yang berjudul Komposisi Bahasa Indonesia mengklasifikasikan karangan menurut bobot isinya atas tiga jenis, yaitu: karangan ilmiah, karangan semi ilmiah atau ilmiah populer, dan karangan nonilmiah. Yang tergolong ke dalam karangan ilmiah, antara lain: makalah, laporan, skripsi, tesis, disertasi; yang tergolong karangan semi ilmiah, antara lain: artikel, editorial, opini; yang tergolong ke dalam karangan nonilmiah, antara lain: anekdot, dongeng, hikayat, cerpen, novel, roman, dan naskah drama. Ketiga jenis karangan tersebut memiliki karakteristik yang berbeda. Karangan ilmiah memiliki aturan baku dan sejumlah persyaratan khusus yang menyangkut metode dan penggunaan bahasa, sedangkan karangan nonilmiah adalah karangan yang tidak terikat pada karangan baku. Sementara itu, karangan semi ilmiah berada di antara keduanya. Karya ilmiah populer juga dapat dikatakan sebagai suatu karya yang ditulis dengan menggunakan bahasa yang populer sehingga mudah dipahami oleh masyarakat dan menarik untuk dibaca.

Menurutu Gie dalam bukunya yang berjudul Pengantar Dunia Karangan, karangan ilmiah populer adalah semacam karangan ilmiah yang mencakup ciri-ciri karangan ilmiah yaitu menyajikan fakta-fakta secara cermat, jujur, netral, dan sistematis sedang pemaparannya jelas, ringkas, dan tepat.

Tulisan disebut sebagai karya tulis ilmiah apabila disertakan fakta dan data yang bukan merupakan khayalan ataupun pendapat pribadi, disajikan dengan bentuk ilmiah, objektif atau apa adanya. Tulisan ilmiah menggunakan bahasa baku (ilmiah), lugas, dan jelas.

Referensi:

- Dalman, Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: PT RajaGrafindo, 2013.
- Finoza, Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia, 2008.
- The Liang Gie, Pengantar Dunia Karangan. Yogyakarta: Balai Bimbingan Mengarang, 2002.



Jangan cuma baca tapi komentar juga

Emoticon