5 Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan

5 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan - Tanaman lidah buaya yang mempunyai nama lain aloe vera ini merupakan tanaman obat yang berkhasiat. Sebelumnya, tanaman ini lebih dikenal sebagai tanaman liar, namun pada saat ini sudah lebih dikenal sebagai tanaman hias. Meskipun biasa ditanam dalam pot sebagai tanaman hias, tetapi lidah buaya juga dapat digunakan untuk bahan perawatan kecantikan seperti menghilangkan jerawat dan menyuburkan rambut.

5 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

Tanaman ini memiliki banyak manfaat dan khasiat yang berguna untuk tubuh sebagai obat. Lidah buaya mengandung berbagai zat yang berguna untuk kesehatan serta sebagai bahan obat-obatan seperti mannans asetat, polymannans, lektin dan antrakuinon. Sehingga jangan heran apabila kini lidah buaya sebagai tanaman obat yang dibudidayakan serta sebagai salah satu bahan kosmetik kecantikan.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan


Menurut penelitian menunjukkan bahwa kandungan aloe vera yang terdapat dalam lidah buaya dapat menyuburkan rambut dan mengusir serangga. Telah banyak produk-produk ternama yang mencampurkan kandungan aloe vera ini pada obat-obatan.

1. Mengatasi Diabetes

Dengan mengkonsumsi lidah buaya dengan rutin akan dapat mengurangi risiko terkena penyakit diabetes. Caranya dengan merebus tanaman lidah buaya yang telah dibuang duri-durinya dengan tiga gelas air sampai air rebusan itu hingga setengahnya. Konsumsilah ramuan ini secara rutin tiga kali sehari setiap gelas.

2. Mengobati Luka

Lidah buaya mempunyai berbagai fungsi diantaranya yaitu menangani luka-luka ringan. Tanaman ini dapat digunakan untuk mengobati luka bakar ringan, meredakan rasa perih sebab luka lecet dan lain sebagainya.

3. Mengobati Wasir

Lidah buaya juga dipercaya dapat mengobati wasir dengan cara yang cukup mudah. Dengan memarut lidah buaya kemudian campurkan dua sendok madu, lalu masukkan dalam setengah cangkir yang berisi air matang dan mengaduknya sampai halus. Setelah mengaduk, saringlah ke wadah yang lain lalu minum ramuan ini tiga kali sehari secara rutin.

4. Melancarkan Pencernaan

Tanaman lidah buaya telah dikenal sejak lama sebagai tanaman obat yang dapat membantu melancarkan dan menjaga pencernaan agar tetap sehat. Konsumsilah seperti cara sebelumnya secara rutin supaya pencernaan selalu terjaga dari penyakit.

5. Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh

Kandungan gelatin yang terkandung dalam lidah buaya mampu menyerap racun yang berada pada usus dan mengeluarkannya bersamaan dengan kotoran.

Demikian informasi tentan manfaat lidah buaya bagi kesehatan tubuh. Mengingat berbagai macam manfaat lidah buaya, ada baiknya jika mulai menanam lidah buaya disekitar rumah.


Jangan cuma baca tapi komentar juga

Emoticon