Lingkungan Pendidikan Islam


Lingkungan Pendidikan Islam

Lingkungan Pendidikan Islam - Lingkungan merupakan ruang dan waktu yang menjadi tempat manusia untuk bereksistensi. Dalam konsep pendidikan Islam, lingkungan yang baik adalah lingkungan yang diridhai Allah dan Rasulullah. Misalnya lingkungan sekolah, madrasah, masjid, majelis taklim, balai musyawarah dan lingkungan masyarakat yang Islami. Pada dasarnya lingkungan merupakan karunia Allah, yang menjadikan baik dan buruknya manusia itu sendiri.

Lingkungan pendidikan pada zaman klasik arab yaitu rumah arqam, masjid, etc. Lingkungan pendidikan konteks Indonesia yaitu pesantren, surau dan meunasah. Lingkungan pada konteks kontemporer yaitu keluarga, madrasah dan masyarakat.

Keluarga; sebagai madrasah awal dengan menciptakan suasana edukatif, sebagai institusi social keagamaan, namun bersifat non-pedagogis. Lembaga pendidikan keluarga tempat anak pertama menerima pendidikan dan bimbingan dari orangtuanya, tempat meletakkan dasar-dasar kepribadian anak didik pada usia muda, karena pada usia ini anak lebih peka terhadap pengaruh dari pendidiknya. Pendidikan keluraga besar pengaruhnya terhadap kepribadian peserta didik, karena itu suasana pendidikan yang telah dialaminya pertama akan selalu menjadi kenangan sepanjang hidupnya, di dalam keluarga ini diperlukan pembiasaan dan pemeliharaan dengan rasa kasih sayang dari kedua orang tuanya terutama.

Madrasah; sebagai tempat khusus untuk belajar serta sebagai pendidikan formal yang terkontrol. Lembaga pendidikan sekolah berfungsi sebagai pembantu keluarga dalam mendidik anak, memberikan pendidikan dan pengajaran kepada anak-anak mengenai apa yang tidak dapat orangtua berikan dalam mendidik di keluarga.

Masyarakat; pendidikan yang mengacu pada norma adat-istiadat, biasanya ad ataman pendidikan al-Qur’an dan masjid. Lembaga pendidikan masyarakat dimulai sejak anak-anak untuk beberapa jam sehari lepas dari asuhan keluarga dan berada di luar sekolah. Corak ragam pendidikan yang diterima anak didik dalam masyarakat ini banyak sekali, meliputi segala bidang baik pembentukan kebiasaan, pembentukan pengetahuan, sikap dan minat, maupun pembentukan kesusilaan dan keagamaan.

Pendidikan di keluarga, sekolah, masyarakat mengalami pergeseran. Dengan adanya fullday school, keluarga karier, bimbingan belajar, etc.

Perbedaan lingkungan keagamaan; lingkungan alam sekitar mempunyai pengaruh perasaan dan sikapnya terhadap agamanya. Lingkungan berperan terhadap berhasil tidaknya pendidikan agama, karena lingkungan memberikan pengaruh yang positif maupun negatif terhadap perkembangan anak didik. Lingkungan yang menyangkut pendidikan agama, anak didik perlu diberi pengertian dan pengajaran dasar-dasar keimanan.

Lingkungan yang memberi pengaruh terhadap anak didik, ada tiga kelompok, yaitu: a) Lingkungan yang acuh tak acuh terhadap agama, b) Lingkungan yang berpegang teguh kepada tradisi agama, tetapi tanpa keinsafan batin, c) Lingkungan yang mempunyai tradisi agama dengan sadar dan hidup dalam lingkungan agama.

Latar belakang pengenalan anak tentang keagamaan; disamping pengaruh perbedaan lingkungan anak dari kehidupan agama, maka timbul suatu masalah yang ingin diketahui anak tentang seluk beluk agama, seperti anak menanyakan siapa Tuhan itu, dimana surga dan neraka itu, siapa yang membuat alam ini. Untuk memecahkan perlu mengadakan pendekatan terhadap anak didik untuk memberi penjelasan apa yang diperintahkan dan apa yang dilarang agama. Serta mengerjakan hal-hal yang baik dan beramal saleh. Oleh karena itu, pendidik harus dapat membawa anak didik ke arah kehidupan keagamaan sesuai dengan ajaran agama Islam. Dengan demikian agar anak tidak timbul keraguan terhadap agama, maka sejak kecil sebelum menginjak usia sekolah harus ditanamkan keagamaan. Sebab anak pada saat yang demikian masih bersih dan mudah dipengaruhi, ibarat kertas putih bersih belum ada coretan tinta sedikitpun.

Ini sebagai bahan ujian tengah semsetar saya, pada mata kuliah Filsafat Pendidikan Islam yang diampu oleh dosen Titis Thoriquttyas


Jangan cuma baca tapi komentar juga

Emoticon